WEBINAR NASIONAL HIMPUNAN MAHASISWA ADMINISTRASI PUBLIK FISIP UMJ 2022 (Press Release)

“Geber Gen – Z Bersaing Dengan Kompetisi Global di Era Disruptif”

Keynote Speaker oleh bapak Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Republik Inodonesia Dr H. Sandiaga Salahudin Uno, B.B.A, M.B.A.

Di Indonesia isu manajemen SDM  menjadi lebih kompleks ketika berhadapan dengan permasalahan gender, terlebih dalam  masa pandemi yang berlangsung sejak awal tahun 2020. Banyak karyawan di-PHK (pemutusan hubungan kerja) atau pun dirumahkan untuk sementara (tidak di-PHK namun juga tidak mendapat gaji). Di era digital ini, mesin telah menggantikan, setidaknya sebagian, dan akan terus melakukannya dengan kecepatan yang meningkat, tugas sederhana dan berulang, atau tugas yang melibatkan penilaian rendah dan merupakan tugas rutin. Perubahan pemanfaatan teknologi ini memiliki implikasi terhadap manajemen SDM.

Namun dengan adanya perkembangan zaman yang sangat cepat hingga sampailah kita pada era yang dinamakan era disrupsi, Era disrupsi mendorong kita dalam berpikir cepat dan berorientasi pada target. Dari semula yang menggunakan sistem manual sekarang berubah menjadi sistem digital.  Oleh sebab itu, sudah saatnya para pemuda menyiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi kondisi tersebut. Ilmu pengetahuan dan kemampuan terkini dengan perkembangan teknologi digital harus mampu dikuasai agar masa depan bangsa tidak tertinggal di mata internasional. Saat ini, Sumber daya manusia memang diperhadapkan pada tantangan besar, dimana mereka diharapkan mampu membuka diri terhadap persaingan yang terjadi secara cepat atau era disruptif.

Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik FISIP UMJ memiliki tanggungjawab dan peran penting dalam pembentukan SDM unggul dalam pembangunan nasional melalui salah satu kegiatan Webinar Nasional dan merupakan salah satu program kerja unggulan Departemen Kajian dan Penelitian Strategis HIMIA FISIP UMJ, Webinar Nasional dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk membuat gebrakan kembali pada generasi Z untuk meningkatkan khazanah keilmuan sebagai generasi bangsa dan juga dengan menghadirkan narasumber dari berbeda perspektif.

Webinar Nasional dengan tema “Geber Gen – Z Bersaing Dengan Kompetisi Global di Era Disruptif” dilaksanakan pada Rabu, 16 Februari 2022 yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meetings dan disiarkan langsung dan live di TvMu Channel. Acara ini di hadiri oleh 380 peserta dari berbagai anak muda se-Indonesia. Webinar Nasional tahun ini dipenuhi dengan antusias peserta dengan banyaknya partisipan dengan harapan setelah dilaksanakan kegiatan Webinar Nasional ini diharapkan anak muda sadar untuk terus meningkatkan kompetensi diri mereka masing-masing agar mereka mampu bersaing di era digital ini dan mereka mampu memberikan energi positif dan memiliki kreativitas yang tinggi di era globalisasi ini. Kita sebagai anak muda dituntut bahkan di tantang untuk memiliki kecakapan digital di era ini maka Webinar Nasional ini di harapkan bisa menjadi salah satu wadah untuk anak muda untuk terus menjadi garda terdepan untuk sebuah perubahan dan anak muda mampu berpikir futuristik sebagai mana anak bangsa seharusnya. Dengan menghadirkan narasumber dari perspektif pemerintahan, mendorong mahasiswa dan masyarakat tahu akan program serta kebijakan yang diberikan pemerintah untuk mahasiswa, agar partisipasi dari berbagai anak muda di Indonesia memberikan peningkatan dan juga memberikan dukungan agar pemerintah dapat memberikan program-program yang baik bagi anak muda penerus bangsa ini.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08. 00 WIB dengan agenda pertama yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyayikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah dan di lanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana dan Pembukan Acara oleh Ketua Program Studi Administrasi Publik FISIP UMJ yaitu Dr. Izzatusolekha,M. Sos. MSi. Setelah pembukaan dilakasanakan, MC memberikan waktunya kepada moderator yang dipandu oleh bapak Abdul Rahman, S.AP, M.A., selaku dosen administrasi publik FISIP UMJ. Kemudian dilanjutkan kepada pembahasan para narasumber sebagai prolog acara Webinar Nasional ini di awali dengan Keynote Speaker oleh bapak Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Republik Inodonesia Dr H. Sandiaga Salahudin Uno, B.B.A, M.B.A. Setelah Keynote Speaker selesai dilanjutkan penyampaian materi,  pada kegiatan Webinar Nasional ini kami mengambil 3 perspektif yaitu dari Pemerintahan, Aktivis dan Akademisi. Pemateri pertama disampaikan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga RI yang pada kesempatan hari ini di wakil oleh Kabag Humas Deputi Pengembangan Pemuda Dr. Mustadin Taggala, M.Si. Materi yang ke dua disampaikan oleh Dinno Ardiansyah sebagai Co-Founder CenntenialZ beliau menyampaikan materi dalam prespektif  Aktivis. Materi ke tiga sekaligus penutup oleh Dr. Septa Chandra, S.H. MH  sebagai Wakil Rektor IV UMJ beliau menyampaikan materi dalam prepektif Akademisi. Pada sesi terakhir diakhiri dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator, kemudian pengumuman doorprize yang disampaikan oleh pembawa acara dan penutup yang dibawakan oleh pembawa acara. Pada acara Webinar Nasional ini acara berlangsung dengan meriah dan lancar. menurut Kabag Humas Deputi Pengembangan Pemuda Dr. Mustadin Tanggala, M.Si. Topik yang dibawakan sangat menarik karena membahas generasi milenial sebagai generasi bangsa dan semua pembicara sangat menguasai materi secara keseluruhan acara berjalan dengan baik dan dapat ditingkatkan terus untuk tahun berikutnya yang lebih baik lagi.   

HIMIA FISIP UMJ

Official Website Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.