Ajang Kumpul Satu Keluarga (AKSARA) HIMIA FISIP UMJ 2020 (Press Release)

AJANG KUMPUL SATU KELUARGA (AKSARA): MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA ADMINISTRASI PUBLIK YANG AKTIF DAN BERINTEGRASI DALAM BERORGANISASI

Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMIA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan kegiatan Latihan Dasar Himpunan yang diberi nama Ajang Kumpul Satu Keluarga (AKSARA). AKSARA merupakan program kerja Departemen Pengembangan Organisasi HIMIA FISIP UMJ yang bertujuan untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa baru terhadap organisasi kampus, terutama dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMIA). AKSARA dilaksanakan selama dua haripada tanggal 13-14 Februaru 2021 dengan dua metode pelaksanaan yang berbeda. Pada tanggal 13 Februari 2021 kegiatan dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting, dan pada tanggal 14 Februari 2021 dilaksanakan secara offline dengan berkumpul di Green Park Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Pada rangkaian pertama AKSARA, kegiatan dilaksanakan pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh 55 peserta dengan 4 narasumber. Selain itu, turut hadir pula Dekan FISIP UMJ yaitu Bapak Ma’mun Murrod sebagai pembuka kegiatan AKSARA. Kegiatan pada hari pertama dipandu oleh MC dan moderator untuk mengatur jalannya acara serta memandu sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Setiap pemateri diberikan waktu sebanyak 60 menit untuk melakukan pemaparan sekaligus diskusi tanya jawab. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Muhammad Khairul Anwar S. Sos., M. Si., selaku dosen di Administrasi Publik FISIP UMJ dengan tema Charracter Building. Kemudian penyampaian materi dilanjutkan oleh Kak Bayu Arya S. AP., selaku alumni dari Adninistrasi Publik FISIP UMJ dengan tema Kepemimpinan. Materi ketiga dipaparkan oleh Ibu Izzatusholekha S. Sos., M. Si selaku Kepala Prodi Administrasi Publik FISIP UMJ dengan melakukan bincang-bincang tentang Administrasi Publik. Terakhir, materi dipaparkan oleh Ka Danny Yusuf Naufalianto, Ka Danny juga merupakan mantan ketua umum HIMIA pada periode 2018-2019 dengan tema Kehimiaan. Setelah pemaparan materi keseluruhan selesai dipaparkan, acara kemudian ditutup oleh MC pada pukul 17. 00 WIB.

Di hari kedua, tanggal 14 Februari 2021 AKSARA kembali dilanjutkan pukul 09.00 WIB di Green Park UMJ dan dihadiri oleh 33 peserta. Dikarenakan pandemi covid-19, panitia dan peserta harus mematuhi protocol kesehatan yang dianjurkan oleh kampus. Pada saat memasuki area Green Park UMJ, peserta diwajibkan melakukan pemerikasaan suhu tubuh dan memakai handsanitizer yang disediakan oleh panitia serta menggunakan masker.

Setalah melakukan protocol kesehatan, seluruh peserta diarahkan membuat barisan sesuai kelompok oleh panitia untuk memeriksa barang bawaan yang dianjurkan dan yang dilarang di dalam tata tertib. Selanjutnya, peserta menuju Aula dan dipersilahkan duduk sesuai kelompok dengan jarak yang sudah diatur. Peserta yang berada di Aula kemudian melakukan review materi yang telah disampaikan di hari pertama melalui Zoom Meetings untuk memastikan peserta memahami materi yang disampaikan oleh pemateri dalam penyampaian review materi dari peserta dengan diselingi Ice breaking.

Rangkaian selanjutnya yaitu peserta melakukan kegiatan outbound yang dilaksanakan di Kawasan Green Park UMJ. Outbound terdiri dari beberapa permainan, yaitu tebak teman, salome, tepung, pingpong dan yang terakhir tarik tambang. Masing-masing permainan yang dimainkan oleh peserta dijelaskan mengenai filosofi dari masing-masing permainan tersebut dan peserta dapat menarik kesimpulannya. Tujuan dengan diadakannya outbound ini ialah agar para peserta dapat saling mengenal dan membentuk solidaritas.

Setelah outbound selesai dilaksanakan, seluruh peserta kembali ke Aula untuk menjalankan materi Teknik Sidang yang dipaparkan langsung oleh Kak Nur Muhamad Iqbal selaku ketua umum HIMIA periode 2017-2018. Materi ini menjelaskan tentang bagaimana menjalankan sidang dengan baik dan benar. Setelah pemaparan materi, peserta langsung mengimplementasikannya dengan materi pembahasan terkait Tata Tertib AKSARA 2021. Implementasi sidang terdiri dari pimpinan sidang, presidium I, presidium II, dan forum yang terdiri dari seluruh panitia dan peserta.

Pada malam harinya, peserta melakukan kegiatan HILANG (HIMIA Berpetualang)  yang masih dilakasanakan di kawasan Green Park. HIMIA Berpetualang dilaksanakan dengan menetapkan berbagai titik sebagai post tempat untuk melakukan review materi kembali oleh para peserta. Diharapkan setelah kegiatan AKSARA ini para peserta dapat memahami Himpunan dan program studi Administrasi Publik lebih dalam dan menambah rasa kekeluargaan antar mahasiswa administrasi publik FISIP UMJ.

HIMIA FISIP UMJ

Official Website Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.