KALAM (Kajian dan Pelatihan HIMIA) : Pelatihan Penyusunan Proposal PKM (Press Release)

KALAM (Kajian dan Pelatihan HIMIA) : PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PKM

Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMIA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal PKM. Kegiatan ini dijadikan dua rangkaian dengan tema yang berbeda. Rangkaian pertama dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2021 dengan tema Sharing Seru Pengalaman Mengikuti PKM” dan Rangkaian kedua  dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2021 dengan tema Tips and Tricks Menyusun Proposal Sampai PIMNAS”. Kedua kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings dengan sasaran mahasiswa Administrasi Publik FISIP UMJ.

Pelatihan Penyusunan Proposal PKM ini merupakan program kerja Departemen Kajian dan Penelitian Strategis yang termuat dalam KALAM (Kajian dan Pelatihan HIMIA). Kegiatan pelatihan penyusunan proposal PKM bertujuan untuk membuka pikiran mahasiswa agar dapat menciptakan ide kreatif dalam mengajukan proposal PKM, bagaimana cara menyusun proposal PKM dan luaran PKM yang baik dan benar, bagaimana implementasi kegiatan dalam proposal PKM serta bagaimana memotivasi mahasiswa agar semangat menyusun PKM hingga tahap PIMNAS.

Pada rangkaian pertama, kegiatan dilaksanakan pukul 13.00 WIB dan dihadiri oleh 60 peserta dengan narasumber tiga orang mahasiswa yang proposal pengajuannya telah lolos sampai tingkat PIMNAS. Kegiatan ini dipandu oleh seorang moderator untuk memulai sesi tanya jawab bersama dengan narasumber. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi diskusi antara peserta dengan narasumber dan dipandu oleh moderator. Setelah sesi diskusi dilaksanakan, maka tiba di penghujung acara yaitu pemberian sertifikat secara simbolis kepada narasumber oleh Ketua umum HIMIA FISIP UMJ, Kepala Departemen Kajian dan Penelitian Strategis, dan Sekretaris Departemen Kajian dan Penelitian Strategis serta dilakukan sesi dokumentasi bersama.

Pada rangkaian kedua, kegiatan dilaksanakan pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh 47 peserta dengan pemateri Ibu Mawar S.IP, M.AP yang merupakan Dosen Administrasi Publik FISIP UMJ, sekaligus reviewer PKM internal UMJ. Kegiatan diawali dengan sambutan yang diberikan oleh Ketua Umum HIMIA FISIP UMJ sekaligus membuka acara. Kegiatan ini dipandu oleh seorang moderator yang mengawali kegiatan dengan memperkenalkan pemateri, kemudian mempersilahkan pemateri menyampaikan materi yang disampaikan. Dalam kegiatan ini, peserta cukup antusias dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada pemateri bahkan di tengah pemaparan materi sudah ada yang bertanya dan dijawab langsung oleh pemateri. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dalam sesi ini juga peserta kembali antusias dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada pemateri. Setelah sesi tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat secara simbolis kepada pemateri oleh Kepala Departemen Kajian dan Penelitian Strategis serta dilakukan sesi dokumentasi bersama.

HIMIA FISIP UMJ

Official Website Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.